Ping Blog

Wednesday, June 20, 2012

Toyota Prius 'Juara Ketiga' Penjualan Mobil Dunia


Mobil hybrid mulai menunjukkan eksistensinya di kancah otomotif dunia. Trend penggunaan bahan bakar minyak sebagai sumber energi, perlahan namun pasti, akan segera tergeser oleh pengaplikasian tenaga listrik untuk kendaraan roda empat.

Pencapaian teknologi hybrid terwujud melalui Toyota Prius, yang berhasil memposisikan diri sebagai mobil paling laris ketiga di dunia, dalam triwulan pertama tahun ini. Hal ini menandakan bahwa mobil hybrid sudah masuk ke dalam mainstream car secara global.

Bertolak belakang dengan saat pertama kali diluncurkan di tahun 1997, penjualan Prius naik dua kali lipat. Apalagi setelah Toyota melakukan diversifikasi alias penambahan jenis dan model untuk varian hybrid, yakni Prius, Prius v, Prius c, dan Prius Plug-in.

Tampil sebagai jawara penjualan global di dunia pada triwulan pertama 2012 yaitu Ford Focus 277.000 unit, disusul oleh Toyota Corolla sebanyak 300.800 unit dan kemudian Toyota Prius yang mencapai 247.230 unit.

Sementara itu, di negara asalnya sendiri, Jepang, Prius C atau yang dikenal sebagai Prius Aqua penjualannya naik tiga kali lipat menjadi 175.080 unit dari 52.507 unit pada periode yang sama tahun lalu. Sehingga, total penjualan kendaraan hybrid Toyota sejak 1997 mencapai 4 juta unit, di mana 1,5 juta unit berhasil dipasarkan di Amerika Serikat.

Dengan kondisi seperti ini, bukan tak mungkin Prius juga bisa turut meramaikan pasar dan mengubah trend otomotif di Tanah Air. Yang jelas, hal itu akan makin mendekati kenyataan jika telah tersedia infrastruktur yang cukup memadai dan regulasi yang jelas tentang mobil hybrid.

Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo